Kamis, 10 Januari 2013

PANTAI SINE KALIDAWIR TULUNGAGUNG



Pantai Sine berada pada 30 kilometer dari pusat kota tulungagung. Tepatnya pada kecamatan kalidawir tidak jauh dari pantai popoh. Jalur yang dilewati untuk menuju ke pantai sine adalah jalur pegunungan. Jadi di perjalanan menuju pantai sine kita disuguhi pemandangan yang indah.

Pantai sine lebih mirip dengan pantai kuta bali. Hamparan pasirnya yang luas serta pantainya yang indah nan alami. Yang membedakan pantai kuta dengan pantai sine adalah pesona mataharinya. Kalau pantai kuta menyajikan sunset (matahari tenggelam), sedangkan pantai sine memberikan pesona sunrise (matahari terbit).

Pantai sine merupakan pantai alam yang berbentuk teluk. Di sebelah utara pantai sine terdapat tebing yang di tebing tersebut terdapat mata air alami dan disebelah utara pantai sine terdapat hutan yang masih alami dan dilindungi. Selain menyajikan keindahan alami, Pantai Sine ini juga menyajikan keragaman budaya lokal masyarakat sekitar, misalnya kesenian wayang kulit yang dipertunjukkan setiap tanggal satu suro, dan ada juga prosesi larung sesaji yang berguna untuk menangkal mara bahaya ataupun acara mencuci atau memandikan gaman seperti keris dan tombak dari para sesepuh masyarakat.

Untuk membeli oleh-oleh juga tersedia di pantai sine. Pasar ikan tradisional dapat dijadikan tempat membeli oleh-oleh berupa ikan segar dengan harga yang murah.


Masalah yang terjadi di pantai Sine adalah tidak adanya tempat parkir untuk pengunjung yang datang kesana sehingga kita terpaksa memarkirkan mobil kita di depan rumah penduduk sekitar.Lalu tidak adanya WC umum untuk para wisatawan sehingga para wisatawan sangat kebingungan untuk mencari kamar mandi dan menjadikan wisatawan harus menumpang di kamar mandi penduduk sekitar.Untuk sekedar mencuci tangan pun kita juga sangat kebingungan karena tidak adanya air bersih.Ketika kita kelaparan dan mencari tempat makan tidak ada satu tempat makan yang tersedia disana,hanya ada rumah salah satu penduduk yang siap memasakkan makanan untuk kita tetapi kita harus menunggu cukup lama karena dia harus memasak terlebih dahulu.Pantai Sine ini kurang peminat karena tempatnya yang kumuh dan tidak ada tempat untuk membuang sampah.Jalan menuju Pantai Sinepun juga sangat rusak parah dan terjal,sehingga membuat para pengunjung takut untuk datang kesana.

Hal ini terjadi karena kurangnya perhatian dari pemerintah setempat,mungkin karena tempatnya terpencil.Dan karena masyarakat sekitar kurang menyadari bahwa Pantai Sine juga dapat menambah ekonomi masyarakat sekitar.Masyarakat sekitar juga tidak mau menjaga kebersihan Pantai Sine sehingga menjadikan tempat wisata ini menjadi kumuh.
Seharusnya Pemerintah membangun fasilitas umum untuk para wisatawan maupun masyarakat sekitar dengan cara Pemerintah membangun fasilitas umum untuk para wisatawan contohnya WC umum,tempat parkir,tempat pembuangan sampah,menyediakan air bersih untuk warga sekitar.Pemerintah setempat juga wajib memperbaiki jalur transportasi menuju Pantai Sine dan memperbaiki tata ruang desa yang ada disekitar pantai agar lebih menarik dipandang mata

Selain dari pemerintah masyarakat juga harus ikut berpartisipasi dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman untuk para wisatawan.Dengan cara Penduduk sekitar ikut memperhatikan dan menjaga kebersihan dengan membuang sampah di tempatnya dan membersihkan lingkungan sekitar pantai tersebut.Penduduk sekitar membangun tempat membeli oleh-oleh dan warung-warung kecil untuk para wisatawan karena

selain mempermudah wisatawan untuk mancari makan atau oleh-oleh juga dapat menambah pendapatan penduduk sekitar.
Mungkin dengan cara seperti diatas akan menjadikan Pantai Sine sebagai tempat wisata yang favorite dan banyak pengunjung.Sehingga dapat menambah ekonomi daerah setempat dan penduduk sekitar.


PANTAI SINE

Keindahan Pantai Sine tak kalah dengan Pantai Prigi

PANTAI SINE
benar-benar fresh, bisa santai menikmati deburan ombak

PANTAI SINE
ombak menggulung tapi tetap bersahabat

PANTAI SINE
pengen mancing pun tetap nyaman di bibir pantai


PANTAI SINE
kepiting laut, tapi kata penduduk ber rarun


PANTAI SINE
berdayung yuk

PANTAI SINE
tepi pantai tetap cantik


PANTAI SINE
air dari sungai mengalir ke pantai
PANTAI SINE
sedimentasi dari air sungai

PANTAI SINE
saksi bisu, akibat erosi. hutan sekitar perlu lestari


PANTAI SINE
dari sudut mana pun Sine tetap menawan


PANTAI SINE
makan di rumah penduduk
(jika ingin makan ikan laut, 2 jam sebelum nya pesan di rumah penduduk? 
karena di Sine belum ada rumah makan



PANTAI SINE
mendung di Pantai Sine

PANTAI SINE
hutan mangrove, tetap damai

PANTAI SINE
Mudah-mudahan tahun 2014 Sine makin ramai dan cantik

PANTAI SINE
ceria di Pantai Sine

PANTAI SINE
sedimentasi , air sungai yang mengalir ke laut membawa endapan

PANTAI SINE
mejenk dulu 


7 komentar:

  1. christina-jombang1 Agustus 2014 21.16

    Indah..... Tapi sayang tak terperhatikan :-( Mohon campur tangan pemerintah Kab. TA dan masy sekitar. Klo alam kita rawat, dia akan memberi kita bny manfaat. Semoga makin indah, Sine....

    BalasHapus
  2. apa pantai sine itu sama dengan pantai sidem?

    BalasHapus
  3. Sekarang pantai sine sudag terawat .tempat parkir sudah ada .jalannya pun juga sudah diperbaiki .tempat beli makanan termasuk ikan laut juga sudah banyak penjualnya bahkan gerbang masuk pembayaran tiket hampir jadi ..
    Saya sering kesana..

    Sang petualang dari kediri

    BalasHapus
  4. Sekarang jalannya dah di hotmix lho... coba datang lagi dan ceritakan pada dunia, tempat pelelangan ikan, breakwater dan fasilitas umum sudah ada, bahkan penerangan katanya dah disediakan di sepanjang pantai. Yuk, main lagi ke Sine....

    BalasHapus